NEWS
DETAILS
Rabu, 24 Jan 2024 08:14 - Honda DAW Community

Khusus penggemar motor sport, Honda CBR150R seyogyanya menjadi pilihan ideal buat bikers pemula. Selain tampang yang sudah menyerupai sang kakak yakni Honda CBR250RR, harga motor sport Honda satu ini juga terbilang bersahabat.

Meski begitu, tidak sedikit yang belum memahami cara menggunakan kopling Honda CBR150R, terutama saat menemui jalan tanjakan dan turunan. Bukan sekadar menekan tuas di sebelah kiri setang. Teknik khusus juga wajib dikuasai bikers pemula saat menghadapi kondisi demikian. 

1. Penggunaan Kopling di Tanjakan

Mengutip dari situs Wahana Honda, ada beberapa tahapan ketika menggunakan kopling di tanjakan. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menjaga kecepatan ideal, jangan terlalu lambat. Kedua, turunkan transmisi ke gigi lebih rendah. Misal: Jika sebelum tanjakan menggunakan gigi 4, maka turunkan ke gigi 3. 

Apabila kecepatan motor melambat, turunkan lagi ke gigi lebih rendah untuk mendapatkan daya dorong lebih besar. Anda bisa menurunkannya ke gigi paling rendah (gigi 1) kalau dirasa butuh dorongan lebih besar. Pastikan juga, perpindahan tidak terjadi ke posisi netral (N) yang pada akhirnya menyebabkan motor kehilangan daya. 

Sebagai catatan tambahan untuk pemula, hindari melakukan up shift di tanjakan. Ketidakseimbangan putaran mesin dan bukaan gas dapat menyebabkan mesin mati. Kalau sudah begini, kepanikan bisa terjadi ditambah hilangnya keseimbangan terhadap motor. 

2. Penggunaan Kopling di Jalan Menurun

Tak jarang rem tidak berfungsi saat motor menemui jalan menurun. Hal itu bisa terjadi karena pengendara acap kali menekan tuas rem untuk mengurangi laju motor. Buat Anda pembeli Honda CBR150R, cobalah untuk menurunkan transmisi. Pasalnya, kecepatan motor di turunan terbantukan berkat adanya efek engine brake. Dengan cara ini pula, sistem pengereman tidak kepalang dieksploitasi demi menghindari gejala rem blong tadi.

Mengurangi kecepatan di turunan juga dapat dilakukan dengan menekan tuas kopling secara cepat (tanpa memindahkan transmisi). Namun, cara ini bisa dipraktikkan apabila skill berkendara Anda sudah cukup apik. Di sini pengendara harus memahami betul momentum yang tepat, kapan harus menekan dan melepas tuas kopling. 

Buat informasi tambahan, generasi terbaru Honda CBR150R kini dilengkapi assist and slipper clutch. Fitur ini hadir untuk mengoptimalkan pengendalian lantaran memiliki dua manfaat sekaligus. Pertama, pengoperasian kopling menjadi ringan. Sementara yang kedua, gejala roda belakang terkunci ketika terjadi proses penurunan transmisi secara cepat dapat diminimalisir.  

RELATED
NEWS