NEWS
DETAILS
Rabu, 27 Dec 2023 14:26 - Honda DAW Community

Apa Risikonya Bila Tidak Mematikan Mesin Saat Isi Bahan Bakar?

Dikutip dari laman Car Feom Japan, jika saat isi bahan bakar mesin kendaraan tidak dimatikan, maka akan berisiko menimbulkan kebakaran.

Dalam hal ini, insiden terkait listrik statis bisa terjadi. Percikan listrik statis tersebut bisa menyulut uap bensin, hingga bisa membakar motor, dan pompa bahan bakar.

Selain itu, risiko kebakaran serupa juga bisa terjadi ketika menyalakan ponsel atau HP. HP yang berdering bisa memicu kebakaran dan ledakan, karena ada kemungkinan juga bahwa sumber listrik dari charger telepon dan pemantik rokok juga berpotensi menjadi pemicu kebakaran bahan bakar.

Tidak sampai disitu, jika membiarkan mesin kendaraan tetap nyala, dan pergi ke toko kelontong saat mengisi bahan bakar, hal ini juga menimbulkan risiko bahaya bagi anak.

Dalam hal ini, anak-anak mungkin secara tidak sengaja mengaktifkan roda gigi penggerak, lalu menggerakkan motor dengan nosel pengisian bahan bakar di dalam tangki.

Bahaya dari kemungkinan tersebut, bisa mengakibatkan kecelakaan yang mematikan baik terpeleset dan jatuh atau terbakar.

Oleh sebab itu, kondisi mesin kendaraan saat isi bensin memang wajib dalam kondisi mati, dengan tujuan untuk mencegah terjadinya kebakaran.

RELATED
NEWS