NEWS
DETAILS
Jumat, 03 Dec 2021 10:00 - Honda DAW Community

Helm memang sangat penting dan di atur dalam Undang Undang yang berlaku. Nah, kenapa ya kita wajib menggunakan jaket, sarung tangan dan juga sepatu?

Perlengkapan berkendara memang tidak bisa mencegah terjadinya kecelakaan, namun dapat mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan dari kecelakaan.

Yuk, kita pelajari kenapa kita wajib menggunakan helm, jaket, sarung tangan & sepatu saat berkendara:

  1. Helm
    Berfungsi untuk melindungi bagian kepala dari dampak negatif ketika terjadi benturan, sehingga bisa mencegah terjadinya kerusakan pada kepala . Untuk itu selalu gunakan helm ketika berkendara dan wajib SNI ya, helm SNI juga sudah melewati uji kelayakan, seperti uji tekan, dll. Nah, baiknya kita menggunakan helm berwarna cerah, agar kita lebih terlihat oleh pengendara lain. Ini juga ga kalah penting, pastikan untuk klik tali helmnya supaya tidak lepas.
     
  2. Jaket
    Jaket berfungsi melindungi tubuh dari cuaca, benda asing dan juga mencegah kontak langsung antara tubuh kita dengan jalan, sehingga jaket juga bisa mengurangi dampak negatif kecelakaan. Oleh karena itu jaket sangatlah penting. Ini dia tips memilih jaket yang tepat:
    1. Pastikan ukurannya pas dan nyaman,
    2. Pilih bahan sesuai kondisi lingkungan,
    3. Gunakan jaket berwarna cerah, agar lebih mudah terlihat saat malam hari. Namun pastikan tidak terlalu mencolok agar tidak mengganggu pengendara lain,
    4. Pilihkah jaket dengan karet atau pengikat pada ujung lengannya, ini berfungsi untuk menahan jaket tersingkap keatas ketika lengan kita bergesekan dengan aspal
       
  3. Sarung tangan
    Berfungsi untuk melindungi tangan terutama jari-jari tangan ketika terjatuh dan pastinya juga mengurangi dampak negatifnya, pilihlah sarung tangan yang nyaman dan sesuai dengan kondisi cuaca. Saat cuaca dingin, pilihlah sarung tangan dengan bahan kulit, karena bahan tersebut tidak mudah basah. Sedangkan di cuaca terik, sarung tangan kain akan lebih nyaman digunakan. Tidak disarankan menggunakan sarung tangan masak atau setengah jari, karena tidak bisa memberikan perlindungan maksimal pada tangan pengendaranya.
     
  4. Sepatu
    Ketika naik motor apakah wajib menggunakan sepatu? Pastinya. Kenapa? Sepatu tidak hanya menjadi pelengkap penampilan pengendara. Namun, sepatu berperan untuk melindungi kaki dari cuaca, panas mesin dan kontak langsung dengan jalan.

Nah, sekarang sudah paham pentingnya helm, jaket, sarung tangan maupun sepatu kan? Ingat untuk selalu #Cari_Aman saat berkendara ya.

RELATED
NEWS