NEWS
DETAILS
Rabu, 24 Jan 2024 09:36 - Honda DAW Community

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tips merawat cat motor agar tetap kinclong yang bisa dijadikan referensi untuk kendaraan roda dua Anda.

 

1. Rutin mencuci motor

Cara merawat cat motor agar tetap kinclong yang pertama adalah dengan rajin mencuci motor apalagi jika kendaraan sering digunakan.

Meskipun motor Anda sekilas tidak terlihat kotor, tetapi tetap ada debu dan kotoran lain yang menempel pada bodi motor yang harus segera dibersihkan. Karena semakin lama dibiarkan, kotoran tersebut akan menumpuk dan sulit dihilangkan.

Dalam satu minggu, motor setidaknya perlu dicuci minimal satu kali. Selain itu, cucilah motor sesegera mungkin setelah kehujanan karena air hujan bisa membuat cat motor memudar.

 

2. Gunakan sabun khusus bodi motor

Pada saat mencuci motor, Anda harus menggunakan sampo khusus yang memang sudah diformulasikan untuk menjaga cat bodi motor.

Mengingat, cukup banyak pemilik kendaraan roda dua yang sembarangan menggunakan sabun yang bukan peruntukannya untuk merawat motor. Seperti sabun cuci piring atau sampo untuk rambut yang digunakan untuk mencuci motor.

Penggunaan bahan kimia dan kandungan pH yang tak tepat memang tidak menimbulkan efek kusam secara langsung. Akan tetapi jika keseringan dilakukan, lama-kelamaan akan membuat cat motor lebih cepat kusam dan memudar.

 

3. Parkir di tempat yang teduh

Cara merawat cat motor selanjutnya adalah dengan memarkirkan motor di tempat yang teduh. Paparan dari cahaya matahari akan membuat cat motor Anda menjadi kusam dan perlahan hilang kilaunya.

Jika hal ini terus terjadi, warna cat motor akan cepat pudar dan akan mengakibatkan belang. Jika parkir di luar ruangan, usahakan motor Anda tidak terpapar sinar matahari secara langsung, terlebih lagi pada siang hari.

Anda bisa meletakkan di samping gedung atau di bawah pohon yang bisa menghalangi sinar matahari. Jika parkir di bawah pohon yang bergetah, maka sebaiknya motor ditutupi dengan alas.

 

4. Segera cuci motor setelah kena hujan

Anda perlu segera mencuci motor setiap habis menerjang hujan atau melewati genangan air hujan. Jangan sampai air hujan yang menempel dibiarkan mengering sendiri di bodi motor.

Sebab, air hujan mengandung beberapa zat termasuk zat asam yang dapat merusak cat kendaraan. Terlebih jika zat tersebut bercampur dengan kotoran.

Cuci motor dengan menyeluruh, minimal menyiramnya dengan air bersih, sampai tidak ada air hujan yang tersisa untuk mencegah kotoran meresap ke cat kendaraan. Jangan lupa gunakan lap khusus mikrofiber untuk mengeringkan bodi motor yang telah dicuci.

 

5. Hindari memasang stiker

Memasang stiker pada sepeda motor kurang baik untuk cat motor itu sendiri, apalagi jika stiker yang digunakan berkualitas buruk.

Sebab, menempelkan stiker hanya akan menimbulkan bekas dan rentan membuat cat bodi motor ikut terkelupas. Jika memang ingin memasang stiker, setidaknya pilih jenis stiker yang berkualitas.

 

6. Gunakan bahan poles motor yang tepat

Anda juga bisa memoles motor untuk menjaga catnya tetap kinclong dan menghilangkan baret-baret halus pada bodi. Perawatan cat ini bisa dengan menggunakan cairan khusus poles motor.

Namun, perawatan poles ini juga jangan dilakukan terlalu sering. Sebab, penggunaan berlebih justru akan mengikis dan merusak cat sepeda motor.

RELATED
NEWS