NEWS
DETAILS
Kamis, 30 Nov 2023 09:00 - Honda DAW Community

Setiap akan menaikkan atau menurunkan kecepatan, pengendara memainkan grip pada setang dengan memutar ke atas atau ke bawah. Untuk kecepatan tinggi, grip harus diputar ke atas dengan maksimal tapi tidak boleh mendadak karena motor bisa jumping lalu pengendara jatuh. Motor balap tidak bisa menggunakan grip motor standar karena balapan jadi tidak seru. 

Kerena itu, banyak pengendara yang memasang gas spontan. Fungsi gas spontan adalah agar akselerasi motor bisa jauh lebih tinggi. Selain itu, selama motor tersebut berjalan, pengendara tidak pegal karena gerakan memutar grip ke atas dan ke bawah menjadi minimal.

Gas spontan pada motor bekerja dengan cara mengubah putaran gas yang diberikan pengendara menjadi gerakan mekanik pada throttle body atau karburator yang kemudian mempengaruhi aliran udara dan bahan bakar ke dalam mesin. 

Di pasaran, satu paket gas spontan terdiri dari selongsong yang dipasang untuk menggantikan grip di setang motor standar (biasanya sebelah kanan), fitur-fitur dan kabel-kebelnya. Merek-merek gas spontan yang ada di pasaran antara lain KTC, Daytona, Domino dan sebagainya.

Meski sudah diketahui apa itu gas spontan, penting untuk diingat bahwa satu merek gas spontan mungkin tidak kompatibel untuk semua jenis motor. Jadi, pastikan untuk membelinya dari produsen atau toko yang terpercaya agar bisa dimintai saran tentang jenis gas spontan terbaik untuk kendaraan yang bersangkutan.

RELATED
NEWS