NEWS
DETAILS
Kamis, 30 Nov 2023 08:35 - Honda DAW Community

Tarikan gas yang tidak terkontrol membuat pengendalian sulit dikuasai. Namun, tidak perlu panik. Berikut empat cara mengatasi gas motor nyangkut.

1. Kabel gas aus Tidak bisa dipungkiri bila setiap komponen sepeda motor dapat mengalami aus. Umumnya disebabkan karat serta tumpukan kotoran. Jika dibiarkangrip gas akan nyangkut atau seret. Jika gas motor Anda mengalami kondisi serupa maka segera ganti. Ini akan repot bila kabel gas putus di jalan.


2. Bersihkan Throttle valve atau piston skep baret Ini dilakukan pada motor yang masih menggunakan sistem karburator, yakni throttle valve atau piston skep baret. Jika tidak dibersihkan ini sangat berpengaruh membuat gas motor nyangkut. 
Dalam kondisi seperti itu maka sulitnya .membuka dan menutup udara yang masuk pada lubang venturi karburator. Cara memperbaikinya dengan membersihkan dengan bensin dan amplas. Kemudian atur jarak main gas dengan menggunakan kunci pas 10 mm.

3. Mengatur choke ke putaran semula Umumnya pada motor yang sudah berumur terdapat kabel choke yang berguna untuk memanaskan mesin dengan menambah rpm gas secara otomatis. Hal itu juga dapat membuat pasokan bensin semakin banyak. Jika pemilik kendaraan lupa untuk mengembalikan ke posisi semula putaran choke, maka gas motor akan tersendat bahkan nyangkut.

4. Bersihkan celah handle gas kotor atau rusak Celah handle gas yang tertumpuk kotoran dapat menyebabkan gas motor nyangkut. Maka itu cobalah untuk membersihkan rutin celah pada handle gas. Pastikan tidak ada kotoran yang dapat menyebkan kinerja gas terganggu.
 

RELATED
NEWS