NEWS
DETAILS
Kamis, 27 Apr 2023 11:58 - Honda DAW Community

Motor memiliki dua standar yang digunakan ketika hendak memarkirkan motor. Kedua standar ini memang berbeda, standar samping dan standar tengah. Keduanya memiliki fungsi yang sama, namun semua kembali kepada pengguna sepeda motor, lebih nyaman dan menyesuaikan kebutuhan menggunakan standar samping atau standar tengah.

Beberapa orang memilih menggunkan standar samping karena lebih simple. Namun, beberapa dari mereka yang menggunakan standar samping pernah panik karena motor kejeblos waktu di parkir menggunakan standar samping. Kejadian ini membuat beberapa orang untuk lebih berhati-hati ketika hendak memarkirkan motor dengan standar samping.

Sebenarnya, kamu bisa lho tetap menggunakan standar samping dengan aman tanpa takut kejeblos. Asalkan kamu melakukan beberapa tips aman pakai standar samping untuk motor berikut ini agar memastikan motor tetap terparkir dengan baik. Simak ulasan 3 tips aman menggunakan standar samping motor.

3 Tips Aman Pakai Standar Samping untuk Motor

1. Ganti Shock Breaker

Tips yang pertama untuk melepas kekhawatiranmu dengan standar samping adalah dengan mengganti shock breaker motor kamu dengan ukuran yang lebih tinggi. Dengan begitu, standar samping pun lebih tegak dan tidak menyebabkan motor jatuh.

2. Ganti Ban

Dengan tujuan yang sama agar motor tetap bisa diparkir menggunakan standar samping dengan aman, kamu sebaiknya mengganti ban dengan ukuran yang lebih besar. Hal tersebut itu menghindari risiko motor terjatuh ketika di parkir dan standar samping dapat kamu gunakan dengan aman.

3. Pasang Kickstand Shoe

Tips selanjutnya adalah kamu bisa memasang Kickstand Shoe sebagai alas tambahan. Alas tambahan ini berfungsi untuk mendistribusikan berat motor agar lebih menyebar. Dengan cara ini, motor tetap aman meski ditopang standar samping. Penggunaan kickstand shoe membuat tapak standar samping menjadi lebih lebar sekaligus semakin lebih kuat ketika menopang berat motor.

Meski beberapa tips diatas bisa kamu lakukan, tapi ada baiknya untuk menggunakan standar tengah lho. Lalu, mengapa penggunaan standar tengah ini lebih baik?

Mengapa Standar Tengah Lebih Aman?

Memarkirkan motor dengan standar samping bisa menyebabkan suspensi bagian kiri lebih berat. Alhasil, shock breaker bisa cepat rusak karena cenderung menumpu pada satu sisi. Belum lagi, kalau posisinya di parkir dengan standar samping, lalu motor diduduki. Hal tersebut juga akan mempengaruhi kekuatan dari shock breaker motor kamu.

Selain itu, ban juga akan mengalami penurunan kualitas apabila kamu sering menggunakan standar samping ketika memarkirkan motor. Karena baik itu ban belakang atau ban depan, akan condong ke satu sisi ketika menahan beban berlebih. Hal ini bisa menyebabkan ban cepat gundul.

Oleh karena itu, sangat disarankan sebisa mungkin kamu menggunakan standar tengah ketika memarkirkan motor. Semoga informasi ini  bermanfaat ya Bro/Sis!

RELATED
NEWS