NEWS
DETAILS
Kamis, 30 Mar 2023 14:33 - Honda DAW Community

Blind spot adalah area yang luput dari penglihatan pengemudi, sebab pengendara tidak selamanya mempunyai area pandang yang luas.

Blind spot sangat berdampak terhadap keamanan dan keselamatan berkendara. Bukan hanya untuk diri sendiri, tapi juga pengendara maupun pengguna jalan lainnya.

Tak sedikit kasus kecelakaan motor dan kendaraan dengan ukuran lebih besar, terjadi karena keberadaan pengendara motor tidak terlihat.

Untuk itu fokus pandangan mata dan pendengaran menjadi salah satu syarat wajib saat mengendarai sepeda motor.

Pemotor dihimbau untuk menghindari mendengarkan musik menggunakan headset saat sedang naik motor.

Selain itu, penggunaan knalpot di luar standar juga harus dihindari, terlebih yang menimbulkan suara bising. Sebab, hal ini berisiko mengurangi konsentrasi maupun kewaspadaan.

Sebagai langkah antisipasi, Anda juga bisa memastikan area blind spot melalui pandangan mata. Caranya, dengan melihat ke samping kiri dan kanan sebelum berpindah jalur maupun putar balik.

Instruktur Safety Riding Honda DAW, Yonathan Rotinsulu mengatakan, semakin besar suatu kendaraan maka blind Spot saat berkendaranya semakin luas.

“Selain memahami posisi blindspot suatu kendaraan, pengendara juga harus menerapkan ‘Cari Aman’ dalam berkendara sehingga meminimalisir resiko kecelakaan,” ujar Yonathan.(

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK