NEWS
DETAILS
Selasa, 28 Feb 2023 12:21 - Honda DAW Community

Mengendarai sepeda motor Anda saat melewati hujan adalah sebuah keniscayaan. Tentunya, sikap Anda saat berkendara dalam basah bergantung pada Anda. Beberapa menyukainya seperti sebuah tantangan, membuat perjalanan lebih mengasyikkan dan menarik. Tetapi beberapa benar-benar tidak menyukainya. Terlepas dari apakah Anda melihat diri Anda sebagai pecandu adrenalin penuh, atau penjelajah yang sangat berhati-hati, berkendara dengan aman melewati hujan adalah prioritas utama. Berikut simak tips aman berkendara saat cuaca hujan.

1. Ekstra Berhati-Hatilah Saat Anda mengendarai sepeda motor dalam kondisi normal, Anda memiliki kesadaran yang tinggi. Fokus Anda waspada, dan Anda terus-menerus mengawasi potensi bahaya (kendaraan lain, jalan berlubang, pejalan kaki, dll.) sambil berakselerasi, mengerem, berbelok, dan berpindah gigi sekaligus. Namun ketika cuaca hujan saat berkendara, fokus Anda akan sangat terkonsentrasi pada keselamatan pribadi Anda. Jadi, jika Anda terjebak dalam badai, pisahkan akselerasi, deselerasi, pengereman, belok, dan perpindahan gigi agar Anda aman dari Titik A ke Titik B sambil mengurangi keausan pada ban Anda.

2. Pastikan Performa Motor Anda Mampu Dalam Kondisi Basah Ada begitu banyak jenis sepeda motor di pasaran, sehingga beberapa model lebih cocok untuk menghadapi cuaca yang keras daripada yang lain. Sepeda motor petualangan dirancang untuk menangani kondisi off-road serta trotoar, sehingga dapat bertahan dengan sedikit keausan tanpa mengorbankan performa. Sepeda motor lain yang lebih utama seperti kelas touring Harley-Davidson (Road King Special, Road Glide Special) meskipun tidak dirancang dengan mempertimbangkan cuaca yang keras, menampilkan RDRS (Reflex Defensive Rider Systems) yang memungkinkan pengendara percaya diri untuk melewati jalan licin berkat Sistem Kontrol Selip Torsi Seret. Jika sepeda motor Anda tidak memiliki tindakan pencegahan keselamatan terkait cuaca basah, kami sarankan untuk mengikuti tips no 10.

3. Temukan Tempat Berteduh Jika Anda berada di tengah perjalanan lalu tiba-tiba turun hujan, mungkin bukan kepentingan terbaik Anda untuk berkendara melewati badai. Sebaliknya, cepat cari tempat berteduh. Anda juga akan bebas dari kendaraan lain di jalan yang dapat menimbulkan potensi bahaya. Jika hujan membuat Anda merasa tidak nyaman, dan sepertinya tidak akan segera reda, beri diri Anda waktu untuk mengeringkan diri dan menjauh dari bahaya. Tidak masuk akal untuk tetap berada di jalan sambil basah kuyup dan kedinginan. Alih-alih, nekad dengan menerobos hujan badai meski anda mengenakan jas hujan, paling penting utamakan keselamatan Anda.

4. Hindari Genangan Dan Bias Pelangi Di Aspal Membuat cipratan besar dari genangan air hujan di jalan terlihat keren di iklan Mobil Jeep. Tapi untuk sepeda motor, itu mungkin juga jebakan maut. Hal yang Anda hindari selain terjebak dalam hujan, adalah mengendarai sepeda motor Anda ke dalam lubang yang tersembunyi dari air hujan. Jadi sebaiknya Anda melewati jalan di sisi genangan dan berkendara dengan hati-hati. Jika tidak dapat dihindari, pertahankan throttle tetap stabil, jangan menyentuh rem Anda, dan terus melaju. Hal yang sama berlaku untuk pola pelangi yang akan Anda lihat pada tumpahan minyak di jalan. Mereka sama berbahayanya dengan warna-warni. Hindari ini dengan cara apa pun, karena itu adalah pelangi yang membuat jalanan licin.

5. Jaga Tubuh Anda Tetap Rileks Pengendara yang baru bisa mengendarai motor, tubuh mereka cenderung  kaku, tetapi itu akan memudar dengan lebih banyak pengalaman. Anda belajar untuk merasa lebih percaya diri di jalan saat Anda mengingat untuk merilekskan tubuh Anda. Hal yang sama berlaku saat Anda berkendara di tengah hujan. Halaman Selanjutnya Menjaga tubuh Anda tetap rileks akan meningkatkan kepercayaan diri berkendara Anda dalam kondisi sulit sambil memercayai motor Anda untuk melakukan tugasnya. Berkendara dengan kaku tidak akan membantu Anda sedikit pun. Jadi usahakan agar tubuh bagian atas Anda (khususnya lengan dan bahu) tetap dalam posisi berkendara yang lebih santai. Karena buku jari di setang tidak berfungsi dengan baik.

RELATED
NEWS