NEWS
DETAILS
Rabu, 30 Nov 2022 09:53 - Honda DAW Community

Sepeda motor dengan balutan cat doff saat ini banyak ditawarkan pabrikan untuk tampilan yang lebih elegan. Namun tidak sedikit pemilik kendaraan melakukan kesalahan dalam melakukan perawatannys.

Semisal, body motor warna jenis doff dipoles layaknya cat metalik. Padahal karakter cat doff berbeda. Sehingga hasil akhirnya malahan berubah dari doff menjadi glossy (mengilap).

Selain itu, warna doff juga bisa terlihat memudar dan kusam jika sering terjemur matahari.

Jadi, merawat bodi motor berwarna doff memang perlu dilakukan dengan hati-hati dan perlu perhatian lebih.

Mengutip laman Deltalube, ada sederet hal perlu diperhatikan dalam mencuci sepeda motor dengan cat model doff.

Berikut adalah tips merawat sepeda motor yan memiliki warna doff

  1. Untuk mencuci motor dengan cat doff, hindari penggunaan sabun yang mengandung deterjen. Pasalnya, pencuci jenis ini memiliki sifat asam yang bisa membuat cat dua kali lebih cepat memudar dibandingkan motor dengan cat jenis metalik. Karena umumnya, cat doff tidak dilapisi zat vernis, sehingga memang mudah pudar. Sebaiknya pilih sabun yang memiliki pH netral, seperti sampo khusus kendaraan.
  2. Penggunaan alat pembersih juga perlu perhatian. Gunakan kain microfiber dan spons yang lembut saat mencuci agar tidak menimbulkan baret di bodi motor. Jika terjadi baret akibat bergesekan dengan kotoran yang keras, sepeda motor cat doff justru terlihat mengilap.
  3. Hindari mencuci motor di bawah sinar matahari langsung, agar cat tidak lekas pudar.
  4. Bila ada noda atau bercak di permukaan cat, bisa dibersihkan pakaiwaterspot remover. Caranya: semprotkan cairan itu, lap body motor secara perlahan dan sedikit ditekan hingga noda hilang.
  5. Jika body motor sudah mengalami baret, tidak bisa dipoles seperti halnya pada cat metalik. Solusinya adalah dengan pengecatan ulang atau mengganti panel bodi. Pengecatan juga tidak bisa hanya pada area yang baret melainkan satu panel agar tidak terlihat perbedaan warna.
  6. Sementara untuk baret halus, pemolesan bisa dilakukan. Namun hindari penggunaan cairan pemoles dengan bahan dasar minyak karena dapat membuat cat doff jadi mengilap. Sebaiknya gunakan cairan pemoles dengan bahan dasar air (water based)
RELATED
NEWS