NEWS
DETAILS
Senin, 31 Oct 2022 08:41 - Honda DAW Community

Sepeda motor menjadi salah satu alat transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk menemani aktivitas sehari-harinya.

Namun tidak semua pengendara sepeda motor mengerti tentang perilaku berkendara yang baik dan benar agar selamat sampai tujuan.

Penyebabnya, kondisi jalan di Indonesia yang beragam membutuhkan teknik dasar berkendara yang berbeda-beda.

Beberapa diantaranya adalah ketika melewati jalan bergelombang atau dikenal dengan bumpy road, jalan berbatu dan jalan kerikil yang licin dan dapat berbahaya bagi pengendara apabila tidak menggunakan teknik dasar berekendara yang benar.

Pengendara wajib memperhatikan ketika melewati jalan amburadul atau berbatu. Hal yang paling penting dilakukan adalah menurunkan kecepatan laju sepeda motor.

Pastikan ketika kita melewati jalan tersebut dalam kecepatan maksimal 30 km/jam. Tujuannya adalah untuk mengurangi guncangan yang diterima oleh sepeda motor dan badan pengendara.

“Bila guncangan yang diterima terlalu besar, kemungkinan seorang pengendara untuk mengalami kecelakaan akan semakin besar

Selain itu, apabila kecepatan sudah dalam kecepatan yang rendah dan guncangan pada motor tidak berbahaya, maka penglihatan harus fokus pada arah tujuan kita ketika berkendara.

Tidak disarankan melihat ke bawah untuk menghindari jalan jelek, karena akan menghilangkan fokus pengendara pada kemungkinan potensi bahaya di depan mata.

Pengguna sepeda motor juga wajib memegang kendali stang lebih kuat tetapi rileks agar motor kita benar-benar terkendali dengan baik ketika melewati jalan yang jelek.

Jangan sampai kita lepas kendali pada motor karena di jalan yang jelek atau berpasir motor akan lebih sulit dikendalikan dan guncangan yang diterima oleh tangan kita akan lebih baik.

“Saat keadaan dalam kecepatan yang rendah, jalan yang jelek atau berbatu dan berpasir, tidak disarankan untuk menggunakan rem depan untuk menghentikan kendaraan. Cukup gunakan rem belakang saja

enggunaan rem belakang ini akan mengurangi resiko low slide atau tergelincir ketika sedang bermanuver di jalan berbatu atau berpasir.

Gunakan selalu kecepatan yang rendah dalam keadaan jalan seperti ini, dan selalu memantau speedometer untuk menjaga kecepatan kendaraan kita agar tetap dalam batas wajar.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu menggunakan riding gear yang aman dan nyaman agar mengurangi risiko cidera ketika mengalami kecelakaan

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK