NEWS
DETAILS
Rabu, 15 Jan 2020 07:21 - Honda DAW Community

Jadwal MotoGP 2020 bakalan sedikit berbeda dengan tahun 2019. Masuknya seri Finlandia pada kompetisi balap motor paling bergengsi di dunia ini, membuat musim 2020 ini menjadi 20 seri, bertambah 1 seri dari musim sebelumnya yang cuma 19 seri.

Masih sama seperti tahun lalu, MotoGP musim 2020 akan dimulai dengan seri Qatar yang digelar pada 8 Maret mendatang, dan seri penutup masih menjadi milik Valencia, yang dijadwalkan pada 15 November.

Perubahan yang cukup menyolok adalah seri Thailand yang pada musim sebelumnya digelar sebagai seri ke-15, menjadi seri kedua di musim ini.

MotoGP 2020 tentunya bakal berlangsung seru dan banyak kejutan, terutama dengan masuknya 4 rookie yang sangat berbakat dalam daftar pembalap MotoGP, diyakini bakal merubah peta persaingan di MotoGP, mereka adalah: Brad Binder di team Red Bull KTM Factory Racing, Iker Lecuona di team Red Bull KTM Tech 3, dan Alex Marquez yang akan menjadi team-mate kakaknya, Marc Marquez di team Repsol Honda.

Sementara itu bergabungnya Johann Zarco ke team Reale Avintia Racing (Ducati) juga membuat penasaran, apakah pembalap Perancis ini bisa mencetak prestasi lebih bagus dibandingkan saat dia menunggangi motor KTM.

Tidak kalah seru, di kelas Moto2 bakal ada pembalap Indonesia yang bertarung satu musim penuh, yaitu Andi Gilang. Pembalap binaan PT Astra Honda Motor ini akan menjadi joki di Idemitsu Honda Team Asia.

Nah, kalian pasti sudah tak sabar menunggu musim 2020 untuk dimulai. Mari kita simak dulu jadwalnya lebih detail.

Jadwal MotoGP Maret – April 2020

Seri Grand Prix Sirkuit Tanggal Jam Tayang
1 QATAR Losail International Circuit 8 Maret *) 23:00 WIB
2 THAILAND Chang International Circuit 22 Maret 14:00 WIB
3 AMERICAS Circuit of the Americas 5 April **) 02:00 WIB
4 ARGENTINA Termas de Rio Hondo 19 April **) 01:00 WIB

Seri pertama MotoGP 2020 akan digelar di Sirkuit Losail, Qatar pada hari Minggu, 8 Maret. Seperti biasa, sebelum race day, ada sesi free practice pada hari Jumat, dan sesi kualifikasi pada hari Sabtu.

Dan masih seperti tahun-tahun sebelumnya, race MotoGP di sirkuit ini akan digelar pada malam hari. Maklum, pada siang hari sirkuit ini memiliki temperatur yang ekstrim, sehingga sangat berbahaya untuk keselamatan pembalap.

Sesi race kelas premier MotoGP Qatar akan ditayangkan secara live pada pukul 23:00 Waktu Indonesia bagian Barat (WIB), Minggu malam. Sebaiknya kamu siap-siap di depan channel TV Trans7 setidaknya 2 jam sebelumnya, karena sebelum kelas utama, ada tayang race Moto2 yang tidak kalah menarik. Sayangnya race di kelas Moto3 tidak ditayangkan secara langsung.

Jika musim-musim lalu seri kedua menjadi langganan benua Amerika, maka tahun 2020 ini seri kedua digelar di Chang International Circuit, Buriram, Thailand, tepatnya pada 22 Maret. Tidak ada perbedaan waktu atau Buriram dengan Jakarta, sesi race MotoGP Buriram ini akan ditayangkan secara live pada pukul 14:00 WIB.

Seri ketiga dan ke-4 akan digelar di benua Amerika. Pada musim lalu seri Argentina selalu digelar lebih duluan, tapi tahun ini gantian Amerika yang lebih dulu. Seri Amerika digelar di sirkuit Circuit of the Americas (COTA), Austin pada 5 April. Sedagkan seri Argentina diselenggarakan di Sirkuit Termas de Rio Hondo pada 19 April.

Perlu diperhatikan, kerena perbedaan waktu yang jauh, maka race MotoGP Amerika dan Argentina yang digelar pada Minggu siang waktu setempat, akan tayang langsung di Indonesia pada Senin (6 dan 20 April) dini hari. Catat bro, agar kamu tidak ketinggalan setiap aksi pembalap idolamu.

Jadwal MotoGP Mei 2020

Seri Grand Prix Sirkuit Tanggal Jam Tayang
5 SPANISH Circuito de Jerez 3 Mei 19:00 WIB
6 FRENCH Le Mans 17 Mei 19:00 WIB
7 ITALIAN Autodromo di Mugello 31 Mei 19:00 WIB

Dari benua Amerika, seluruh pasukan MotoGP akan terbang ke benua Eropa. Sirkuit Jerez, Spanyol mendapat giliran seri ke-5 sekaligus menjadi sirkuit Eropa pertama yang mengelar race MotoGP 2020. Race MotoGP Jerez bakal digelar tanggal 3 Mei. Di Indonesia, tayangan live-nya dapat ditonton di Trans7 pada pukul 19:00 WIB.

Selanjutnya seri ke-6 akan digelar di kandang Johann Zarco, Sirkuit Le Mans (Perancis). Disusul seri ke-7 di Sirkuit Autodromo di Mugello (Itali). Masih sama dengan Jerez, race MotoGP Le Mans dan Mugello akan ditayangkan pada pukul 19:00 WIB.

Jadwal MotoGP Juni – Juli 2020

Seri Grand Prix Sirkuit Tanggal Jam Tayang
8 CATALUNYA Circuit de Barcelona-Catalunya 7 Juni 19:00 WIB
9 GERMAN Sachsenring 21 Juni 19:00 WIB
10 DUTCH TT Circuit Assen 28 Juni 18:00 WIB
11 FINNISH Kymi Ring, Iitti 12 Juli 18:00 WIB

Seri ke-8 digelar di Circuit de Barcelona (Catalunya). Tangal dan jam tayangnya dapat disimak pada tabel tersebut di atas.

Selanjutnya, seri ke-9 digelar digelar di Sirkuit Sachsenring, Jerman, pada 21 Juni. Sirkuit ini cocok dengan karakter motor Honda, sehingga Marc Marquez menjadi pembalap yang meraih kemenangan paling banyak di sini, yaitu 7 kali.

Seri Belanda sebagai seri ke-10, digelar di Sirkuit Assen, pada 28 Juni. Sesi race MotoGP Assen akan disiarkan langsung pada pukul 18:00 WIB. Berbeda dengan seri-seri yang lain, di mana sebelum race kelas premier MotoGP akan didahului dengan gelaran race Moto2, maka di Assen Moto2 justru digelar setelah kelas utama MotoGP. Dan biasanya Moto2 tidak ditayangkan secara live.

Finlandia kembali masuk sebagai negara penghelat balap MotoGP setelah 32 tahun absen. Mereka akan mengelarnya di sirkuit Kymi Ringh pada 12 Juli. Tentunya seri ini bakalan menarik, pasalnya semua pembalap harus beradaptasi dahulu dengan track sirkuit sepanjang 4,650 km yang baru diresmikan pada 19 Agustus 2019 lalu ini.

Setelah seri ini, ada jeda 4 minggu untuk libur paruh musim, sekaligus menjadi kesempatan semua team untuk melakukan berbagai improvement pada motor mereka guna menghadapi paruh kedua.

Jadwal MotoGP Agustus – September 2020

Seri Grand Prix Sirkuit Tanggal Jam Tayang
12 CZECH Automotodrom Brno 9 Agustus 19:00 WIB
13 AUSTRIAN Red Bull Ring – Spielberg 16 Agustus 19:00 WIB
14 BRITISH Silverstone Circuit 30 Agustus 21:00 WIB
15 SAN MARINO Misano World Circuit Marco Simoncelli 13 September 19:00 WIB

Mengawali paruh kedua musim 2020, seri ke-12 digelar di Sirkuit Automotodrom Brno (Ceko) pada 9 Agustus. Disusul seri berikutnya di Red Bull Ring – Spielberg (Austria), dan Sirkuit Silverstone (Inggris). Tanggal dan jam tayang dapat dilihat pada tabel di atas.

Pasca seri Silverstone, pembalap dan team akan boyongan ke sirkuit Misano World Circuit Marco Simoncelli, San Marino, atau dulu lebih dikenal dengan nama Sirkuit Misano saja. Race MotoGP di sirkuit sepanjang 4,2 km ini akan dilangsungkan pada hari Minggu, 13 September siang waktu setempat, atau bertepatan dengan pukul 19:00 WIB.

Jadwal MotoGP Oktober – November 2020

Seri Grand Prix Sirkuit Tanggal Jam Tayang
16 ARAGON MotorLand Aragon 4 Oktober 19:00 WIB
17 JAPANESE Twin Ring Motegi 18 Oktober 12:00 WIB
18 AUSTRALIAN Phillip Island Circuit 25 Oktober 10:00 WIB
19 MALAYSIAN Sepang International Circuit 1 November 13:00 WIB
20 VALENCIA Circuit Ricardo Tormo 15 November 20:00 WIB

Seri Aragon digelar pada 4 Oktober, sekaligus menjadi seri Erope terakhir sebelum boyongan lagi ke benua Asia.

Seri ke-17 akan digelar di kandang Takaaki Nakagami, yaitu sirkuit legendaris Twin Ring Motegi, Jepang, pada 18 Oktober. Disusul oleh seri ke-18 di Sirkuit Phillip Island, Australia yang terkenal dengan banyaknya burung seagull yang beterbangan. Baik Motegi maupun Phillip Island berada pada wilayah waktu yang lebih awal dibandingkan Jakarta, jadi perhatikan jam tayang pada tabel di atas, agar tidak ketinggalan.

Dari Australia, rombongan bertolak ke Malaysia untuk gelaran seri ke-19. Shell Malaysia Motorcycle Grand Prix akan dilangsungkan di Sirkuit Sepang, Malaysia pada 1 November. Sepang berada di wilayah waktu 1 jam lebih awal dibanding Jakarta, jadi sesi race MotoGP akan disiarkan secara langsung pada pukul 13:00 WIB.

Pasca MotoGP Sepang, para pembalap beserta seluruh kru akan boyongan lagi ke benua Eropa untuk gelaran seri pamungkas. Circuit Ricardo Tormo, Valencia masih menjadi langganan sebagai seri penutup dari rangkaian kompetisi MotoGP. Seri ke-19 Valencia akan digelar pada 15 November.

Karena seri Valencia adalah seri terakhir, maka setelah sesi race masih akan dilanjutkan dengan berbagai ceremony penyerahan piala juara dunia MotoGP, Moto2, maupun Moto3. Selain itu juga rookie of the year, juara team, juara konstruksi, dan lain-lain.

Jadwal MotoGP selengkapnya dapat dilihat pada tabel di bawah ini, atau download di sini dan simpan di gadget atau laptop kamu agar tidak ketinggalan setiap sesinya.

 

Berikut jadwal MotoGP 2020 selengkapnya:

Jadwal MotoGP 2020

Dikutip dari : https://indomoto.com/21886/jadwal-motogp-dan-jam-tayang-

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK