NEWS
DETAILS
Minggu, 21 Nov 2021 08:48 - Honda DAW Community

Karawang – Yayasan Astra Honda Motor (Yayasan AHM) mengawali penggunaan Taman Lalu Lintas Anak (TLLA) Desa Kalihurip, Jawa Barat dengan mengajarkan anak-anak usia dini mengenal lebih jauh tentang keselamatan berkendara di jalan raya. Edukasi calon generasi penerus bangsa yang dipandu langsung oleh 6 instruktur safety riding Honda ini diharapkan dapat menjadi awal dari upaya membangun budaya keselamatan berkendara yang berkelanjutan di masa depan. 

TLLA Kalihurip dibangun Yayasan AHM pada 2020 yang saat ini tercatat sebagai satu-satunya fasilitas edukasi keselamatan berkendara yang dimiliki Desa di Indonesia. Sebagai langkah perubahan awal, TLLA Kalihurip dijalankan dengan memberikan materi keselamatan berkendara bagi 15 orang siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Nurul Hidayah, Kalihurip, Jawa Barat. Materi edukasinya disiapkan untuk anak dengan usia rentang 4 - 9 tahun dengan materi pengenalan rambu dan lampu lalu lintas, penggunaan riding gear dengan tepat dan manfaatnya, praktek bersepeda di lintasan atau course dengan memperhatikan rambu dan menyeberang dengan aman. 

Anak-anak usia dini ini mendapatkan materi edukasi keselamatan berkendara dari para pengajar yang sebelumnya sudah dilatih oleh para instruktur safety riding AHM. Para pengajar di TLLA Kalihurip ini merupakan putra/putri daerah yang memiliki profesi guru PAUD & SD serta tokoh agama  yang diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi anak didik dan masyarakat setempat. Salah satunya adalah Nani Suryaniyang merupakan instruktur sekaligus guru Sekolah Dasar Negeri 2 Kalihurip.

“Kami warga Desa Kalihurip sangat senang dengan dibangunnya TLLA yang dapat dimanfaatkan oleh anak-anak dan masyarakat di sekitar Desa. TLLA ini perwujudan itikad baik dari perusahaan yang berada di Kalihurip untuk terus peduli dan berkontribusi memajukan warga, tidak hanya secara bangunan fisik namun juga melalui sarana dan pelatihan berkala untuk mewujudkan keselamatan berkendara,” ungkap Nani.

Ketua Yayasan AHM Ahmad Muhibbuddin mengungkapkan dukungan penuh terhadap pentingnya keselamatan berkendara menjadi salah satu visi YAHM dan telah dilakukan sepanjang 2  dekade ini.  Pembangunan fasilitas dan sarana prasarana safety riding di Kalihurip, pelatihan tenaga pengajar hingga pelaksanaan program keselamatan berkendara di TLLA  ini disuperivisi oleh tim Astra Honda License Instructor (AHLI), sebagai instruktur safety riding unggul di bidangnya.

“Kami ingin memberikan fondasi yang kuat bagi anak-anak usia dini dalam hal keselamatan berkendara. Karena itu kami mendidik calon generasi penerus ini saat mereka berada di usia yang mudah menyerap dan mengingat informasi yang mereka pelajari. Materi edukasinya disusun dengan cara yang menyenangkan dan berhubungan dangan keseharian anak-anak sehingga mereka dapat mengikuti materinya dengan mudah,” ujar Muhib. 

Pada awal tahun ini, para pengajar safety riding TLLA Kalihurip ini telah mendapatkan pelatihan secara daring tentang teori dan dasar keselamatan berkendara.  Mereka diharapkan dapat memberikan pemahaman dan edukasi bagi anak di usia dini dengan materi yang mudah diterima sesuai dengan usia peserta.  Faktor manusia merupakan penentu dari keselamatan berlalu lintas di mana para instruktur ini telah mendapakan teknik seperti berjalan kaki di trotoar dan tanpa trotoar, titik aman dan cara menyeberang di zebra cross ataupun di jalan biasa hingga bagaimana tips bersepeda aman yang nantinya dapat dipraktikkan di TLLA Kalihurip. 

TLLA Kalihurip dengan luas 400m2 berdiri di area Kawasan Terpadu Kalihurip Satu Hati tepatnya di Dusun Sasakseng, Desa Kalihurip. Desain dan layout lintasan TLLA dikhususkan bagi anak-anak yang dilengkapi dengan 5 pushbike dan riding gear, areal bermain (playground), taman pohon hias & buah  serta tanaman obat keluarga (TOGA) mendukung program POSYANDU.

 

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK