NEWS
DETAILS
Rabu, 28 Jul 2021 23:42 - Honda DAW Community

Konsep berkendara Cari_Aman saat ini memiliki pemahaman yang lebih luas. Tak sekedar berkendara aman, nyaman dan selamat, tapi berkaitan pula dengan penekanan konsumsi bahan bakar. Kok bisa ?

Sadar atau tidak, gaya berkendara Cari_Aman sangat memengaruhi terwujudnya konsumsi bahan bakar yang lebih efisien. Berikut adalah faktanya :

Cari_Aman Tak Berkendara Agresif

Gaya berkendara agresif membuat konsumsi bahan bakar lebih boros. Karena gaya berkendara ini cenderung lebih sering melakukan buka dan tutup gas secara spontan tak beraturan.

Buka dan tutup gas secara spontan tak beraturan membuat pergerakan dan manuver motor pun jadi tak beraturan pula. Selain berpotensi menimbulkan kecelakaan, tenaga yang dihasilkan dari pembakaran bensin di ruang bakar akan terbuang sia-sia.

Cari_Aman Dengan Kecepatan Konstan

Usahakan menjaga kecepatan konstan baik di putaran mesin rendah maupun tinggi. Mempertahankan kecepatan konstan di putaran mesin rendah akan mengurangi penggunaan rem. Karena pengereman setelah melakukan akselerasi membuat energy terbuang sia-sia. Jadi manfaatkan deselerasi putaran mesin dan lakukan pengereman secara perlahan.

Selain berimbas langsung pada konsumsi bahan bakar yang lebih irit, berkendara dengan kecepatan konstan membuat motor lebih nyaman dan mudah dikendalikan..

Cari_Aman Dengan Sesuaikan Putaran Mesin

Penggunaan putaran mesin tinggi di situasi jalan padat jelas tak ada manfaatnya. Yang terjadi hanyalah suara raungan mesin terdengar lebih keras tapi motor bergerak lambat.

Cukup gunakan putaran mesin rendah saat jalan sedikit tersendat dan naikkan secara perlahan jika jalan mulai lancar.Selain tak membuang bensin dan tenaga secara percuma, raungan mesinnya pun tak mengganggu pengendara lain yang berpotensi menyulut keributan di jalan raya.

Cari_Aman Dengan Modifikasi Secara Wajar

Modifikasi motor secara berlebihan seperti mengganti ban melebihi batas yang dianjurkan membuat mesin bekerja lebih berat. Karena bobot bertambah dantahanan terhadap roda saat menggelinding akibat adanya gaya gesek antara roda dengan permukaan jalan jadi lebih besar.

Mesin yang bekerja lebih berat membutuhkan konsumsi bahan bakar lebih banyak. Selain itu, modifikasi yang tak wajar pun akan berpengaruh pada kenyamanan dan keamanan berkendara.

Cari_Aman Dengan Service Rutin

Melakukan service berkala di AHASS akan menjaga motor selalu dalam kondisi prima dan membuat proses pembakaran bahan bakar jadi lebih sempurna. Selain berdampak pada konsumsi bahan bakar yang lebih irit, motor pun jadi lebih nyaman dan aman dikendarai.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK