NEWS
DETAILS
Selasa, 17 May 2022 08:51 - Honda DAW Community
Jika Bro/Sis pecinta MotoGP tentu tahu kalau para pembalap MotoGP perlu dilengkapi perlengkapan khusus saat balapan di lintasan.
kalau para pebalap MotoGP dilengkapi perlengkapan khusus saat balapan di lintasan. Perlengkapan yang dipakai para rider MotoGP tentu bukan sembarangan. Race Gear yang dipakai para pebalap memiliki material dan teknologi canggih serta tentunya aman digunakan. Race Gear para pebalap yang digunakan tentunya kuat dari atas kepala sampai ujung kaki. Selain itu, perlengkapan pebalap harus sesuai homogolasi Federation International de Motorcyslim (FIM).
 
Dikutip dari laman Motorplus Online.com, berikut adalah perlengkapan pembalap MotoGP:
1. Helm
Helm yang digunakan pebalap MotoGP tentu berbeda dengan helm yang dipakai untuk orang umum. Helm para penunggang "kuda besi" MotoGP harus sesuai homogolasi FIM dengan bobot maksimum 1,5 kilogram. Kemudian untuk busa bagian helmnya juga tidak boleh sembarangan. Untuk busa bagian dalam helm harus presisi hingga hitungan milimeter pada setiap pebalap yang menggunakan. Tujuannya agar lebih melindungi kepala ketika terjadi insiden.
2. Sarung tangan 
Sarung tangan balap ini berbahan karbon kevlar agar melindungi dari gesekan saaat terjadi crash. Uniknya sarung tangan balap ini posisi jari tangan kelingking dan jari manis menyatu. Alpinestars selaku penyedia produsen pakaian dan peralatan pelindung pebalap, sengaja mendesain jari kelingking dan jari manis pada sarung tangan menyatu untuk keselamatan pebalap.
3. Sepatu balap
Sepatu balap yang digunakan para pebalap MotoGP wajib dilengkapi aluminium di bagian yang cukup besar bergesekan seperti bagian kaki jari tengah ke jari kelingking kiri dan kanan. Berbeda dengan sarung tangan, sepatu balap daya tahannya harus 3 (tiga) kali lebih kuat dari sarung tangan.
4. Pakaian balap ada
alah satu alat tempur pebalap yang tak kalah pentingnya adalah pakaian balap atau wearpack. Pakaian balap yang biasa dipakai setiap rider MotoGP ini mengandung bahan pelindung yang bisa melindungi mereka saat mengalami crash dalam kecepatan tinggi. Selain itu, wearpack memiliki salah satu teknologi canggih yang terdapat di dalamnya, tepatnya pada bagian belakang kepala atau ada yang menyebutnya punuk. Fungsi dari punuk yang terdapat di pakaian pebalap ini adalah sebagai tempat penyimpanan airbag, menyimpan data, dan tempat minum. Pakaian balap ini juga harus dilengkapi pelindung penyerap benturan di bagian pundak, siku tangan, lutut, dan bagian kaki depan. Tidak lupa juga ada pelindung bagian dada dan punggung.
RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK