NEWS
DETAILS
Rabu, 29 Dec 2021 08:31 - Honda DAW Community

Sepeda motor sudah menjadi barang penting karena kegunaannya tak cuma sebagai alat transportasi semata, tapi juga bisa dijadikan modal utama mata pencarian. Seperti jasa pengantar dokumen atau barang, driver online, atau bahkan usaha rental sepeda motor.

Di sisi lain, penggunaan sepeda motor yang mudah, cepat dan efisien, membuat sepeda motor jadi pilihan utama masyarakat sebagai alat pendukung aktivitas harian dan gaya hidup masyarakat perkotaan.

Memiliki motor impian kini semakin mudah, karena banyak perusahaan jasa keuangan atau leasing yang menawarkan kemudahan dan keuntungan bagi masyarakat yang ingin membeli sepeda motor dengan cara kredit.

Tapi sebelum melakukan pembelian sepeda motor melalui leasing, ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum kredit sepeda motor. Ini bertujuan untuk menghindari masalah keunagan di kemudian hari.

Berikut Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Sebagai Syarat Kredit Motor

  1. Pilih Perusahaan Leasing Terbaik dan Terpercaya
    Mengetahui reputasi perusahaan leasing sangat penting sebelum melakukan kredit motor. Anda harus tahu kredibilitas perusahaan leasing dan keuntungan yang didapat jika melakukan kredit motor melalui perusahaan tersebut.

    Ini bertujuan untuk menghindari masalah di kemudian hari sekaligus memastikan bahwa perusahaan tersebut akan terus ada sampai masa kredit motor selesai. Karena itu pilihlah perusahaan leasing terbaik dan terpercaya.
  1. Ketahui Kondisi Keuangan
    Mengetahui dan menghitung keuangan sebelum kredit motor juga jadi hal penting sebagai syarat kredit motor. Setidaknya, Anda bisa memperhitungkan kemampuan pembayaran cicilan selama masa kredit motor berjalan.

    Besaran cicilan tiap bulan tergantung oleh beberapa hal, seperti jumlah uang muka atau DP (Down Payment), tenor kredit dan diskon yang diberikan perusahaan leasing (jika ada). Semakin besar DP yang dibayarkan, maka semakin kecil jumlah cicilannya. Begitu juga sebaliknya, semakin kecil pembayaran DP maka semakin besar jumlah cicilannya.

    Selain itu, jumlah pembayaran cicilan juga ditentukan oleh tenor kredit motor yang diambil. Semakin pendek masa tenor kredit maka semakin besar cicilan yang harus dibayar. Berlaku juga sebaliknya, semakin panjang masa tenor maka semakin kecil pembayaran cicilan kreditnya.
  1. Perhatikan Denda Keterlambatan Pembayaran
    Setiap orang tentu tak mau kena denda terlambat bayar cicilan kredit motor. Tapi kondisi ini harus diantisipasi karena jangka waktu kredit motor tidaklah pendek. Banyak hal yang bisa memengaruhi kondisi keuangan selama masa kredit motor berjalan.
  1. Tanyakan Asuransi Yang Didapat
    Asuransi yang ditawarkan perusahaan leasing selama masa kredit penting untuk diketahui. Hal ini berujuan untuk memudahkan dan meringankan jika sesuatu hal yang tak diinginkan terjadi selama masa kredit motor berjalan, seperti kecelakaan atau pencurian. Tanyakan secara rinci asuransi yang didapat, dimana dan bagaimana proses pengajuan klaimnya.
  1. Manfaatkan Simulasi Kredit
    Untuk lebih memudahkan perhitungan keuangan ada baiknya lakukan simulasi kredit sebelum melakukan kredit motor. Untuk melakukannya, bisa datang langsung ke dealer-dealer resmi sepeda motor Honda dimana Anda bisa mengetahui harga sepeda motor Honda terbaru.

    Usahakan datangi beberapa dealer untuk melakukan perbandingan. Karena setiap dealer bisa memiliki kebijakan berbeda, baik harga, suku bunga dan besaran cicilannya. Atau bisa juga memanfaatkan simulasi kredit sepeda motor Honda di sini sehingga Anda tak perlu keluar rumah di masa PPKM seperti sekarang ini.
RELATED
NEWS